tips untuk dapat membantu meningkatkan daya ingat

Kehilangan daya ingat bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka yang mengalami pengurangan daya ingat, penyakit ini memang tidak menyerang secara tiba-tiba namun perlahan tapi pasti membuat penderitanya mengalami kesulitan dan beraktifitas sehari-hari. Penyakit jenis ini bisa juga menyerang mendadak dan bersifat permanen dan sementara, Kehilangan daya ingat membuat seseorang mengalami ketidak mampuan dalam mengingat kejadian atau pekerjaan yang telah dilakukan sepanjang hari atau bahkan masa lalu.

tips untuk dapat membantu meningkatkan daya ingat




Bagi mereka yang berusia 50 tahun keatas tentu hal ini terlihat alami namun penuaan bukan satu-satunya penyebab kehilangan daya ingat, terkadang orang muda pun bisa terserang penyakit ini dengan penurunan kemampuan dalam bernavigasi, dibawah ini ada tips yang dapat melatih meningkatkan daya ingat, antara lain:

1. Menggunakan kalender, daftar, dan buku alamat.
Membiasakan melihat kalender, daftar, dan buku alamat mengurangi beban otak dalam mengingat kegiatan sehari-hari, mengurangi stress pada otak yang bekerja terlalu berat. Bahkan jika suatu saat membutuhkan informasi, kita tetap dapat melihat catatan kembali untuk mengingatnya. Karena ketika menulis secara tidak langsung sebenarnya kita juga menghapal atau mencoba mengingat dengan mengulang sebuah informasi, dan ketika dibutuhkan kita dapat dengan mudah mengingatnya tanpa memaksa otak terus bekerja.

2. Menyimpan intinya saja.
Setiap informasi tentu ada intinya yang ingin disampaikan, hal ini juga dapat mengurangi beban otak menyimpan data dan diingat. Inti dari informasi bisa juga menjadi kata kunci untuk dapat mengingat semua informasi.

3. Fokus dalam menyerap informasi baru.
Fokus dengan mengaktifkan indera yang kita miliki saat belajar dapat memungkinkan untuk menyerap semua informasi hingga setiap detilnya.

4. Gunakan daya ingat hanya saat tertentu.
Berlatih menggambar gambar, bahkan bernyanyi sebenarnya bisa melatih daya ingat yang baik, begitu juga dengan kebiasaan menulis baik langsung atau di komputer secara tidak langsung merangsang otak untuk berkembang mengingat kata kunci untuk diterjemahkan kedalam tulisan.

5. Berlatih untuk mengulas informasi baru.
Dengan mengulas informasi baru dapat membuat daya ingat kita bekerja dengan baik terhadap informasi yang telah disimpan lama maupun baru, membantu mengingat informasi tersebut secara perlahan. Ketika mendapatkan suatu informasi baru, mungkin kita ingat mengenai informasi tersebut. Namun mungkin lupa akan detil informasi secara keseluruhan. Dengan mengulangi membahas informasi baru akan dapat membantu mengingat setiap detilnya.

6. Mengikuti pelatihan.
Membiasakan diri mengikuti pelatihan baik berupa kerajinan tangan, seminar bisnis, pelatihan keterampilan lainnya dapat mengurangi stress dengan bertambahnya teman yang dikenal, juga melatih daya ingat agar terbiasa mengenali hal-hal baru.

Sampai pada akhir artikel ini, terima kasih ya telah berkunjung.

0 komentar

Posting Komentar