Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Cara Alami

Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Secara Alami – Ketombe adalah masalah yang paling umum dialami masyarakat tropis khususnya Indonesia yang memiliki cuaca lumayan panas, setiap orang baik pria maupun wanita dengan mudah akan mengalami ketombe karena keringat dan debu dikulit kepala atau yang menempel di rambut menutup pori-pori kulit, dengan gejala awal menyerang terasa gatal di kulit kepala, ketika kita mengaruk malah akan memperburuk keadaan karena secara tidak sengaja malah menyebarkan jamur penyebab ketombe, hal ini lah mengapa jika terkena ketombe cepat sekali menyebar dan merusak kulit kepala.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Sebenarnya ketombe bukan sejenis penyakit, tetapi jika seseorang berketombe akan menurunkan rasa percaya diri yang mengakibatkan emosional seseorang semakin tinggi dan mudah khawatir, salah satu yang sering dilakukan penderita ketombe dan rambut rontok dengan tidak menggunakan pakaian berwarna hitam, hal ini dihindari karena takut terdapat bercak putih yang terjatuh dari rambut berketombe, sehingga rasa malu akan semakin tinggi bertemu dengan seseorang.

Rasa gatal yang timbul yang dari berkembangnya ketombe akan membuat kita ingin menggaruk, namun hati-hati karena dengan menggaruk kepala akar rambut dapat saja rusak karena terlalu sering ditarik dan hal ini bisa menyebabkan masalah baru yakni rambut rontok, karena itu banyak orang yang mengatakan bahwa ketombe menyebabkan rambut rontok, walau sebenarnya kurang tepat, yang sebenarnya membuat rambut mudah rontok karena rusaknya akar rambut.
Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Cara Alami
Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Cara Alami


Beberapa hal yang menjadi penyebab, mengapa seseorang mudah sekali terserang ketombe:

1. Jamur Malassezia globosa merupakan penyebab tumbuhnya ketombe pada kulít kepala.
2. Ketombe dapat dengan mudah menyerang orang yang mudah berkeringat, sehingga debu dengan mudah menempel, ditambah lagi jarang melakukan keramas, hal ini akan semakin menyuburkan jamur penyebab ketombe.
3. Pemakaian gel, lilin, mousse dan styling rambut, secara berlebihan
4. Cuaca dingin dan kering juga bisa menjadi penyebab ketombe
5. Bagi mereka yang jarang memperhatikan diri dan menjaga kebersihan pribadi, juga bisa menjadi kontribusi penyebab masalah ketombe.

Cara Mengurangi Ketombe Dan Mengurangi Rambut yang Rontok

Apa obat rambut berketombe yang paling ampuh? Ya tentunya yang dikenal paling ampuh, cepat dan efektif untuk menghilangkan dan mengurangi ketombe adalah shampo anti-ketombe serta kondisioner yang dipakai secara rutin. Produk perawatan rambut ini memiliki komposisi bahan kimia zinc pyrithione dan selenium sulfida yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala, zat tersebut ketika dipakai akan menempel pada kulit dan mengendap mencegah tumbuhnya jamur penyebab ketombe, jika tidak dilakukan perawatan secara rutin zat kimia tersebut akan semakin hilang larut dalam air.

Shampo dan kondisioner mengandung sabun sebagai pembersih yang tidak terlalu kuat sedangkan zat kimia zinc pyrithione dan selenium sulfida berfungsi untuk mengatasi ketombe, dan aman jika digunakan untuk pemakaian biasa walau setiap hari.

Rambut rontok bisa diobati dengan efektif kalau sobat tidak sedang berketombe. Jadi, hal ini sangatlah penting jika sobat mencoba beberapa pengobatan rumah agar mengurangi ketombe.

Bilaslah rambut secara menyeluruh menggunakan air bersih sesudah keramas setiap hari, sobat bisa mencucinya dengan shampoo agar mencegah ketombe datang lagi.

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, dapat menambahkan minyak peppermint di shampo serta saat memakai kondisioner. Ini dikarenakan sifat anti ketombenya yang efektif.

Pijat perlahan pada kúlit kepala sobat memakai minyak kelapa setiap hari agar cara tradisional. Pastikanjuga bahwa sobat tetap membiarkan minyak pada rambut selama lebih dari 2 jam. agar meningkatkan hasil, sobat bisa juga menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Pijatlah permukaan kulit pada kepala agar merangsang sirkulasi darah dan mempercepat pertumbuhan folikel.

Kebiasaan sering menggaruk kepala kadang-kadang menyebabkan  rontok yang mungkin nanti akan mengakibatkan kebotakan. Jika seperti itu, gunakanlah minyak essensial. Minyak essensial contohnya lavender, rosemary dan kayu cedar yang begitu termasyur sangat efektif mengobati kebotakan. agar penggunaan minyak essensial, gunakan sebanyak 6 tetes yang ditambah dengan 1 sendok makan minyak zaitun lalu olesi pada lapisan kulit kepala sambil dipijat memutar perlahan.

Manfaatkan cuka sari apel agar membilas  sesudah keramas. Ini tidak hanya membantu mengurangi ketombe, tapi juga membuat rambut terlihat berkilau.

Beberapa Tips agar Mencegah dan Mengurangi Ketombe
Periharalah selalu kebersihan permukaan kulit pada kepala serta rambut sobat. Ikutilah diet seimbang kaya asam lemak essensial, terlebih kandungan omega-3.

Hindari penggunaan berlebih produk styling rambut, terutama jenis gel dan semprotan.

Pijatlah permukaan kulit pada kepala dan rambut dengan minyak hangat,ini berguna mencegah pengeringan pada permukaan kulit pada kepala dan meningkatkan sirkulasi.

Itulah sedikit tips atau cara mengurangi ketombe dan mengatasi rambut rontok.

0 komentar

Posting Komentar