Mengukur Temperatur Suhu Tubuh Ideal Bayi Baru lahir

Mengukur Temperatur Suhu Tubuh Bayi Baru lahir – Memiliki bayi mungil dan sehat tentu menjadi harapan semua orang tua, melihat bayi dan balita tumbuh dan berkembang, namun tubuh mereka yang masih rentan sangat mudah terkena demam yang menyebabkan para orang tua mulai khawatir, demam pada bayi sering kali menyerang dimalam hari, demam menjadi salah satu momok yang cukup menakutkan para orangtua terutama untuk bayi yang baru lahir, dibawah usia 1 bulan, bayi usia 3 bulan, 7 bulan dan 1 tahun merupakan masa-masa rentan kesehatan bayi.

Demam pada bayi merupakan gejala awal adanya serangan penyakit dan seringkali berkembang menjadi lebih buruk jika tidak ditanggulangi dengan baik, untuk memahami apa yang terjadi sebagai orang tua harus mengetahui dahulu dapat mengukur berapa kisaran temperatur suhu tubuh normal pada bayi.

Kisaran Temperatur Suhu Tubuh Normal Bayi Baru lahir

Pengatur panas tubuh utama pada manusia terletak di kepala yang bernama hipotalamus yang merupakan bagian dari otak, pada bagian inilah yang akan membantu bayi untuk mengatur panas suhu tubuhnya, panas sendiri juga bisa dihasilkan dari aktivitas bayi ataupun hasil metabolisme dalam tubuh.

Metabolisme tubuh bayi yang masih cepat menyebabkan suhu tubuh balita akan lebih panas jika dibandingkan dengan suhu tubuh bayi yang memiliki umur lebih tua. Rentang kisaran suhu tubuh ideal seorang bayi yang baru dilahirkan sampai dengan usia 3 bulan yakni 37,4°C sampai dengan 37,6°C disaat bayi menginjak usia 1 tahun, jika umur balita telah melebihi usia 1 tahun suhu tubuh mereka akan mulai mendekati suhu tubuh normal orang dewasa sekitar 37°C.
 
Mengukur Temperatur Suhu Tubuh Ideal Bayi Baru lahir
Mengukur Temperatur Suhu Tubuh Ideal Bayi Baru lahir

Faktor lingkungan sekitar dimana bayi berada juga bisa mempengaruhi suhu tubuh balita, seperti misalnya didaerah yang memiliki suhu dingin kemungkinan suhu normal bayi di pagi hari akan berada di kisaran 36,8°C dan ketika hari semakin panas suhu tubuh juga akan meningkat sampai dengan 37,4°C dan hal ini tentunya tidak menandakan bahwa si kecil sedang sakit namun memang suhu tubuh ideal bayi masih di kisaran 37,4°C.

Untuk ibu-ibu pemula sebaiknya menyiapkan termometer untuk melakukan pengukuran suhu ideal pada bayi di lingkungan tempat tinggal, untuk memastikannya, lakukan pengukuran suhu tubuh bayi pada pagi, siang, disaat sore dan ketika malam hari untuk lebih memastikan suhu tubuh ideal balita dilingkungan tempat tinggal, dengan begitu nantinya suhu ideal bayi sehat akan dapat diketahui.


Bagaimana cara mengukur suhu tubuh pada bayi atau balita yang ideal? ada beberapa tempat yang biasa menjadi patokan pengukuran suhu badan yakni di selipkan dibagian ketiak, mulut ataupun diselipkan pada bagian anus, untuk pengukuran suhu tubuh bayi dengan menaruh termometer di anus akan mendapatkan suhu lebih tinggi sekitar 1°C sedangkan jika meletakkan termometer di wilayah ketiak akan mendapatkan suhu tubuh yang lebih rendah sekitar 1°C.

Penggunaan termometer yang diletakan pada anus bayi cocok dikala umur bayi dibawah 3 bulan sedangkan pemakaian termometer yang diletakkan pada anus baik untuk bayi yang berumur, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 12 bulan hingga bayi berusia 4 tahun. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini pengukuran suhu tubuh bayi sudah dapat dilakukan dengan menempelkan alat khusus pengukur tubuh digital dengan hanya meletakannya di telinga maupun di dahi saja sudah mendapatkan suhu tubuh bayi dengan baik.

Bagaimana penggunaan termometer yang baik dan bener pada bayi atau balita? penggunaan termometer untuk mengukur suhu bayi ada beberapa cara, untuk penggunaan termometer pada anus, caranya dengan membaringkan tubuh bayi seperti ketika akan ganti popok, penggunaan termometer pada mulut diletakan dibawah lidah bayi hati-hati jangan dilepas termometernya, untuk melihat suhu tubuh bayi melalui ketiak dengan menjepitkan termometer di ketiak dan posisi tangan bayi memegang dadanya hal ini untuk mendapatkan pengukuran suhu tubuh bayi lebih akurat selama 3 hingga 5 menit. Jangan lupa untuk selalu membersihkan termometer setelah pemakaian jangan membersihkannya hanya ketika mau dipakai, karena dikhawatirkan nantinya termometer didiami bakteri.


Dengan mengetahui keadaan kesehatan bayi akan membuat orang tua lebih waspada dan tidak khawatir yang berlebihan, karena sudah mengetahui keadaan bayi dengan lebih baik tidak menerka-nerka akan kondisi kesehatan bayi, jika bayi dalam keadaan suhu tubuh normal namun sering rewel, lesu dan kurang nafsu makan dan berkepanjangan selama 3 hari harus segera dibawa kedokter untuk lebih memastikan, karena bayi merupakan masa depan keluarga mereka harus dapat dijaga sebaik mungkin.

0 komentar

Posting Komentar