Dikala Sedang Hamil Terserang Stroke di Umur 34 Tahun

Dikala Sedang Hamil Terserang Stroke di Umur 34 Tahun - Dua tahun lalu, Rachel Owens yakni seseorang perempuan yang amat sangat sehat. Di umur yang ke 34 tahun, ia merupakan seorang pelari marathon sekaligus wakil presiden di area kerjanya. Ia pun sedang dalam proses mengawali bisnisnya sendiri & sedang menunggu kelahiran bayinya.

Dikala Sedang Hamil Terserang Stroke di Umur 34 Tahun

Setelah Itu, pada suatu pagi, hidupnya berubah. "Saya bangun untuk ikut lomba marathon, namun merasa lumpuh di sisi badan sebelah kiri. Aku pikir ini dikarenakan cara aku tidur & aku menyalahkan kasur khusus ibu hamil yang aku gunakan," kisah Rachel.

Rachel merupakan perempuan yang aktif & berhati-hati pada apa yang ia makan sehari-hari. Dirinya tak mempunyai masalah kesehatan yang berarti seperti Kolesterol tinggi. Apa yang salah?
Dikala Sedang Hamil Terserang Stroke di Umur 34 Tahun
Rachel Owens, pelari marathon yang terserang stroke ketika sedang hamil. Beruntung janin dalam kandungannya bisa dilahirkan dengan selamat. Dikala Sedang Hamil Terserang Stroke di Umur 34 Tahun

Dikarenakan tidak sanggup menggerakkan badan, bahkan jari sekalipun, Rachel meminta suaminya untuk menelepon partner lari marathonnya. Untungnya, pasangan ini cepat sadar bahwa ada sesuatu yang serius yang sedang berlangsung. Selanjutnya mereka langsung menghubungi 911.

nyatanya Rachel mengalami stroke hemoragik. Dokter yakin perihal itu disebabkan oleh ruptured arteriovenous malformation (AVM) atau pecahnya malformasi arterivena. Rachel bakal menghabiskan empat pekan di ICU & minimal dua tahun pemulihan dari stroke untuk dapat kembali normal.

Stroke tak cuma menyerang orangtua. Kira Kira 10 prosen penderitanya berumur di bawah 50 tahun, menurut satu buah penelitian yang dipublikasikan oleh JAMA.

Dikala paramedis tiba, mereka cepat tahu apa yang sedang terjadi, & Rachel dioperasi langsung sesudah ia tiba di rumah sakit.

Dikarenakan tak kehilangan oksigen, dokter meyakinkan Rachel bahwa bayinya yang belum lahir bakal baik-baik saja. "Saya terus khawatir & mengharapkan ia tak terpengaruh oleh obat yang aku minum," jelasnya

Dokter yakin Rachel dapat selamat dari stroke, lantaran dirinya demikian sehat & tubuhnya dapat mengelola oksigen dengan baik. Cuma saja saat pemulihannya dapat lama. "Perbaikan otaknya sendiri bisa saja bakal memakan waktu selama hidup Kamu," ujar Rachel.

Untungnya, keluarga Rachel amat sangat mendukungnya. Suami Rachel menghabiskan waktu seminggu penuh di rumah sakit.

Ayah & ibunya pindah ke daerah New York lokasi Rachel & suaminya tinggal. Ibunya pun menemani Rachel menjalani fase rehab selama satu bulan penuh. Adiknya, yang juga sedang hamil tujuh bulan, mulai cuti melahirkan lebih awal untuk menghabiskan hari-harinya di sisi Rachel.

Kebanyakan dokter bakal memakai angiogram buat menentukan diagnosa AVM yang menyebabkan stroke seperti yang dialami Rachel.

Tapi, mekanisme ini tak dianjurkan terhadap umur kehamilan 31 pekan seperti yang Rachel alami. Jadi, untuk menghindari komplikasi lebih lanjut, Rachel dijadwalkan menjalani operasi Caesar pada tanggal 7 Juli, 2014, & ia melahirkan satu orang bayi wanita yang sehat. "Secara emosional, itu merupakan waktu-waktu yang sulit sekali," kata Rachel.

Pemulihan pikiran & badan
Kira Kira 32 pekan sesudah stroke, Rachel jadi pasien rehabilitasi. Dirinya menghabiskan waktu lima bulan di kursi roda sebab tak sanggup berjalan.

ia juga menjalani terapi orthotics buat kakinya selama satu bulan. Sesudah kira kira 18 bulan, dirinya mampu menyingkirkan tongkat yang biasa dipakai buat membantunya berjalan.

Hari ini, dua tahun sesudah kejadian tersebut, Rachel sudah kembali bekerja penuh waktu & membangun perusahaan barunya, MBand.

Tetapi, rehabilitasi tetap merupakan bagian konstan kehidupan Rachel. Tiga hari seminggu, ia berangkat ke terapi fisik & terapi okupasi buat lengan & tangannya. Dirinya pun berlatih Pilates & yoga.

"Keduanya menunjang proses kerja otak & aktivitas aku. Yoga & pilates mempermudah dengan cara terapi tradisional yang tak biasa," jelasnya.

Tak ada yang mudah. Kemampuannya buat berjalan benar-benar membaik, tetapi tetap belum normal. Tiap-tiap langkah membutuhkan pemikiran. Lewat video dirinya, Rachel melacak perbaikan yang dicapainya dari waktu ke waktu.

"Secara fisik, latihan paling besar dari proses pemulihan yakni mempelajari naik kereta bawah tanah lagi," jelasnya. Dirinya & suaminya juga membeli apartemen di lantai tiga, maka Rachel dapat naik turun tangga yang merupakan bagian dari latihannya.

Dikarenakan stroke menyerang otak, Rachel mesti melatih kekuatan otak dengan bermacam latihan keterampilan motorik. Sebagai contoh, walau bukan kidal, ia mengajar dirinya untuk menulis kidal.

"Anda mesti memaksa diri untuk memakai sisi yang terkena serangan," tuturnya. "Alasan aku mempunyai kelemahan bukan dikarenakan otot yang pecah, namun sebab koneksi saraf di otak aku rusak."

"Selama Kamu tak menyerah, otak Kamu bakal konsisten pulih," kata Rachel. "Jadi Kamu cuma mesti konsisten berjuang." & ia melakukannya. "Setiap pekan, aku menyaksikan perbaikan," kata Rachel.

Hari-hari ini, putri Rachel senang menari bersamanya. "Dia bakal mencoba untuk membuka tangan aku & saya dapat bertepuk tangan," jelasnya.

"Dia telah cukup usia untuk menyadari apa yang terjadi. Ia gemar menarik jari-jari aku & membukanya. Ini lucu, tapi juga motivasi," kata Rachel.

Perjuangan Rachel masihlah panjang. "Saya mau memastikan, bahwa suatu hari aku mampu berjalan bebas & normal dengan putri aku. Diwaktu itu terjadi, aku tahu bahwa pengalaman ini menciptakan aku jadi orang yang berbeda. "

0 komentar

Posting Komentar