Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasi Masalah Ketombe

Bagi kita yang tinggal di daerah beriklim panas sangat mudah sekali mengalami gangguan pada kulit kepala, ketombe bukan hanya membuat rasa gatal di kulit kepala tapi juga cukup membuat penampilan kurang meyakinkan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Penyebab ketombe bisa dari debu, keringat yang berlebihan dan kurangnya penggunaan perawat rambut yang tepat menyebabkan kurang bersihnya lapisan kulit kepala.

Penggunaan shampoo anti-ketombe secara berkala dapat menjaga kelembaban kulit kepala tetap terjaga. Terlalu sering terkena matahari atau penggunaan pengering rambut secara berlebihan sebaiknya dikurangi agar masalah ketombe tidak sering datang.

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasi Masalah Ketombe
Selain mempergunakan shampoo anti-ketombe, Anda juga dapat mencoba tips di bawah ini agar terhindar dari masalah ketombe:
  • Rajin keramas dan biasakan menyisir rambut setiap hari agar sirkulasi darah lebih lancar, dan sesekali pijat kulit kepala dengan tangan sebelum atau sesudah menyisir.
  • Menjaga kulit kepala agar tetap bersih. Memijat pada kulit kepala dapat mempergunakan minyak kelapa asli, selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Mengubah pola makan. Memperbanyak konsumsi buah-buahan, membiasakan konsumsi buah setiap saat & kurangi makanan berminyak.
  • Mencuci rambut dengan mencampur air & satu sendok teh jus lemon + jeruk nipis setelah selesai memakai shampoo, memberi manfaat mencegah ketombe dan rambut terlihat lebih berkilau.
  • Lakukan perawatan malam hari. Baby oil dapat digunakan untuk memijat kulit kepala sebelum tidur lalu gunakan handuk sebagai penutup, saat pagi bilas dengan air ataupun shampoo.
  • Bisa juga mencampur 1 sendok makan minyak zaitun & 1 sendok teh jus lemon, lalu pijat kulit kepala dengan capuran tersebut sebelum tidur, tutup menggunakan handuk lalu keesokan harinya bersihkan menggunakan shampo alami.
  • Menggunakan lidah buaya untuk keramas. Ambil satu batang lidah buaya, lalu belah & ambil bagian gel di dalamnya. Kemudian di gosokkan pada kulit kepala secara merata. Diamkan selama 10 menit & bilas menggunakan shampo agar hasilnya maksimal.
  • Rileks & tidur jangan kurang.
Apabila kulit kepala tetap terasa gatal & tidak mengalami perbaikan apapun setelah mencuci rambut dengan shampo dan obat ketombe selama seminggu, mungkin ada alasan lain yang mendasarinya.

Anda mungkin terkena psoriasis atau peradangan kulit. Beberapa produk perawatan rambut terkadang mengandung bahan kimia yang dapat memberikan reaksi alergi atau sensitivitas pada kulit kepala.

Diet tinggi lemak jenuh & lemak trans bisa membuat kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak, yang membuat ketombe makin meradang. Kurangi memakan makanan berlemak & perbanyak mengkonsumsi buah & sayur bervitamin seng dan B yang mampu mengurangi produksi minyak. Pertimbangkan memakan makanan probiotik seperti yoghurt yang memiliki kandungan bakteri menguntungkan untuk memerangi tumbuhnya ragi penyebab ketombe.

Bagi mereka yang rentan terserang ketombe, kemungkinan besar masalah akan terus terulang. Namun Anda masih tetap bisa mengontrol ketombe agar tidak berlebihan.

Jika tidak melakukan perawatan secara rutin ketombe akan sering muncul, sesekali lakukan konsultasi kepada dokter kulit penyebab dari ketombe akan cepat diketahui dan diberikan penanganan yang tepat.

0 komentar

Posting Komentar