Inflasi dan Interest rate

Inflasi dan Interest rate - Inflasi adalah menurunnya daya beli (nilai tukar) mata uang tertentu terhadap sekelompok barang atau jasa. Inflasi harus dikendalikan, jangan sampai tingkat inflasinya tinggi (seperti di Pakistan yang mencapai 30%).

Inflasi dan Interest rate

Bagi Indonesia, ketika inflasi, nilai rupiah melemah. Penyebab dari inflasi Indonesia sekarang adalah kenaikan BBM tanggal 25 Mei 2008 yang lalu. Yang terkena dampak buruk adalah mereka yang penghasilannya tetap, harga-harga barang/jasa naik, sehingga daya belinya turun. Mengapa bisa begitu, mengapa barang bisa naik?
Inflasi dan Interest rate
Inflasi dan Interest rate

1. Harga ditentukan oleh mekanisme pasar.
Mekanisme pasar dipengaruhi oleh supply and demand. Kalau supply sedikit, padahal demand-nya besar, maka harga akan naik. Kalau supply cukup, maka harga bisa dikendalikan.

2. Biaya produksi naik
Perusahaan yang benar, tujuannya adalah supaya karyawan juga sejahtera. Karena perusahaan tidak bisa kerja sendiri. Karyawan adalah aset perusahaan.

Indonesia adalah contoh high inflation country (negara yang inflasinya tinggi). Negara yang berkembang biasanya inflasinya 5-10%. Sedangkan contoh negara yang inflasinya rendah yaitu Singapura (cuma 1-2%). Manfaat inflasi yang rendah:
  1. Perusahaan memberika gaji di atas inflasi sehhingga daya beli masyarakat menjadi meningkat
  2. Inflasi menjadi dasar tumbuhnya interest rate (bunga bank).
Mengapa bank memberikan bunga deposito lebih besar dari nilai inflasi ( > 10%). Supaya menarik masyarakat untuk menabung.

Note: Bunga kredit deposito harus lebih tinggi 5-6% di atas bunga deposito. Why? Supaya bank dapat keuntungan dari hasil mengelola uang nasabah.

Kalau inflasi rendah, maka bunga bank juga rendah, sehingga bunga kredit juga rendah. Dengan demikian kredit mudah tersalurkan, bisa buat usaha. Ini menimbulkan multiplier effects (seperti kartu domino). Dalam kondisi inflasi yang rendah:
  • perusahaan bisa tumbuh dan berkembang, bisa rekrut pegawai baru (membuka lapangan pekerjaan baru)
  • orang bisa spending money lebih besar
  • perusahaan bisa melakukan ekspansi.

0 komentar

Posting Komentar