Aset, Pengembangan dan Strategi Map Apotek

Aset, Pengembangan dan Strategi Map Apotek

Aset Perbekalan Farmasi

Apotek X mempunyai aset perbekalan farmasi: obat, alat kesehatan, obat alami, dan kosmetik serta mempunyai tenaga farmasis 2, AA 3 dan tenaga non farmasi 3. Apotek ini telah terdiversifikasi dengan dibukanya mini market serta beberapa praktek dokter. Resep yang diperoleh tiap hari rata-rata 40 lembar dan self medication 50 px. Farmasis mengupayakan adanya sistem pengendalian serta TQM bisa dilaksanakan:
a. Sistem pengendalian apa saja yang diperlukan?
b. Alat yang diperlukan
c. Bagaimana TQM bisa dilaksanakan?
Aset, Pengembangan dan Strategi Map Apotek
Aset, Pengembangan dan Strategi Map Apotek

Jawab:
a. Sistem pengendalian yang diperlukan:
- Pengendalian barang :
  • Pengendalian barang regular : cek stock, pengendalian harga, pengendalian barang macet, dan pengendalian barang kadaluarsa
  • Pengendalian barang khusus : psikotropika dan narkotika
- Pengendalian uang:
  • Pengendalian uang tunai
  • Pengendalian piutang
- Pengendalian SDM

b. Alat yang diperlukan :
  1. Sistem informasi Manajemen (SIM): untuk pengendalian barang dan uang
  2. Kartu stock dan form kendali untuk narkotika dan psikotropika
c. Langkah- langkah melaksanakan TQM:
  1. Identifikasi masalah/ tentukan perbaikan yang akan dilaksanakan. Contoh : pasien mengeluh waktu tunggu lama
  2. Uraikan proses pelayanan : contoh : pasien periksa ke dokter praktek, pasien mendapat resep, pasien menunggu obat, pasien menerima obat dan konseling
  3. Analisa situasi saat ini : contoh : pada jam praktek dokter jumlah pasien meningkat, dokter sering terlambat datang, delivery time > 25 menit
  4. Tentukan standar yang akan dicapai : contoh : delivery time 10-25 menit, dokter harus datang 10 menit sebelum jam praktek.
  5. Usaha peningkatan pelayanan : contoh : pembenahan karyawan/ loket.
Karyawan diberi training agar tau dan hafal letak dan khasiat obat, penyiapan paket-paket obat di luar pelayanan (untuk resep-resep yang sudah ada formula pasti)
  1. - Lakukan uji coba : contoh : ukur delivery time ( dengan stop watch)
  2. - Buat tools untuk pengawasan
  3. - Buat tools untuk format pelaporan
  4. - Awasi sampai keadaan ideal tercapai
  5. - Buat SOP

Strategi pengembangan apotek

Jelaskan strategi pengembangan apotek pada level fungsional dan bisnis!
a. Strategi fungsional: cara yang dilakukan perusahaan untuk menggunakan sumber-sumber pada jenjang fungsional. Strategi fungsional mencakup:
  • Produksi
  • Pemasaran
  • SDM
  • Keuangan
Contoh nyata pengembangan pada jenjang fungsional yaitu, improvement pada outlet, layout apotek, dan perbaikan pelayanan.

b. Strategi bisnis: cara yang dilakukan perusahaan untuk bersaing dalam satu industry atau satu pasar tertentu atau cara untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Contoh strategi bisnis adalah strategi generic dari om Porter (bukan Harry Potter loh):
  • Kepemimpinan biaya menyeluruh (overall low cost): menciptakan posisi biaya rendah di antara pesaing, mengelola keterhubungan seluruh rantai nilai yang ada dan mencurahkan upaya pada pengurangan biaya. Strategi ini dilakukan ketika customer sensitif terhadap harga.Cara untuk menekan biaya dapat dilakukan dengan identifikasi faktor-faktor yang memerlukan biaya besar atau dengan mengurangi biaya operasional.
  • Diferensiasi : intinya adalah menciptakan distinctiveness, bias dari segi pelayanan maupun produknya. Perusahaan menciptakan produk yang unik dan bernilai menurut pelanggan, memfokuskan pada atribut non harga dimana pelanggan bersedia melanggar pada harga non premium. Strategi ini dilakukan ketika customer sensitive terhadap kualitas produk. Contoh: ada layanan delivery service, buka 24 jam
  • Fokus : perusahaan memfokuskan pada lini produk yang sempit, kelompok kecil pembeli, atau pasar geografis yang dituju kecil. Contoh : apotek untuk produk kecantikan, nutrisi.

Strategi map apotek

Seandainya anda bekerja di apotek, buat strategi map apotek dengan pendekatan balanced scorecard (kondisi apotek diasumsikan seperti soal paling atas)!

Jawab:
Strategic map: dipandu oleh visi dan misi apotek
Strategic map: dipandu oleh visi dan misi apotek
Strategic map: dipandu oleh visi dan misi apotek

0 komentar

Posting Komentar